Agustus 24, 2016

Ayo Gunakan TPO KOTA

TPO adalah tempat penyeberangan orang, kalo TPO kota orang2 biasa menyebutnya terowongan, jadi kita sebut saja TPO adalah terowongan penyeberangan orang, disebut terowongan karena memang berupa terowongan, letaknya di bawah tanah, di kawasan stasiun jakarta kota.


Sejak tahun 2012 lalu hingga sekarang, saya hampir setiap minggu ke kota karena harus belanja, saat itu yang saya tau memang sedang ada pembangunan terowongan bawah tanah disana, sampai akhirnya di buka untuk umum, kalo saya tidak salah di awal tahun 2013 saya sudah mulai menggunakan TPO. Memang saat itu kondisinya masih saangat kurang terawat, walaupun baru buka tapi fasilitasnya tidak maksimal, itu kayanya yang bikin banyak orang malas menggunakan tpo. Padahal melalui tpo ini para penggunanya bisa dengan aman menyeberang lho. Lokasinya yang strategis diantara stasiun kota dan museum bank mandiri, memudahkan para pengguna commuter line yang ingin  melancong ke lokasi kota tua ( yang banyak museum sejarah nya), atau ke pasar asemka, ke pasar mangga dua, atau bagi yang ingin melanjutkan perjalanan melalui transjakarta di halte busway jakarta kota. Pokoknya udah bener banget deh lewat tpo ini, khusus untuk yang Mau naik busway Dan commuter line kayanya emang wajib lewat sini sih soalnya akses nya memang dari tpo ini.

Btw, kenapa ya masih banyak penyeberang memilih menyeberang dari atas ( jalan umum diatas nya yang cukup ramai kendaraan, kurang aman dan memang bukan untuk menyeberang) ?
Setau saya karena pada saat itu area terbuka di depan stasiun yang mulai dipagar, besi pagarnya sering di rusak sama oknum tak bertanggungjawab, padahal agak susah lewat situ karena harus miring dan  menunduk, tapi tetap saja orang2 mengantri untuk lewat dari lubang pagar itu, ckckck rata2 alasannya begini, mau cepat, lewat jalan atas langsung jalan ga perlu naik turun tangga seperti di tpo, hmmm alasan lain karena ketidak amanan, dulu di tpo ini di jam2 sepi sering banyak terjadi tindak kriminal seperti penjambretan, sangat disayangkan ya.

kondisi tpo dulu memang kotor, banyak pengamen dan pengemis disitu, bahkan jadi tempat nongkrong nya anak2 punk, kolam air mancur di tengah nya malah sering dipakai mandi dan cuci baju anak2 jalanan. Dengan begitu fasilitas seperti toilet, musholla dan lift jadi tidak berfungsi dengan baik,  tapi itu dulu lho ya.

Beda dulu beda sekarang, Saat ini wajah tpo kota semakin baik, banget malah, ga ada lagi pengemis dan tongkrongan anak2 punk apalagi tindak kriminal, di sepanjang terowongan kini berjajar para pedagang yang cukup rapi, mulai dari asesoris, makanan dan mini market, kolam air mancur ditengahnya juga dikelilingi tempat duduk melingkar, bahkan sekarang di depan kolam air mancur sudah ada ruangan khusus ibu menyusui, sepanjang terowongan selalu dihiasi ornamen yang menyegarkan mata, saat saya foto ini masih dalam rangka 17agustus jadi nuansa nya merah putih, sebelumnya pernah dihiasi dengan tema ketupat saat hari raya idul fitri,  pohon natal di hari raya natal dan lampion2 saat hari raya imlek, keren deh pokoknya.

Menuju tangga keluar museum bank mandiri

Menuju ke halte busway



Sekarang semakin banyak orang yang lewat tpo kota ini setelah di percantik, orang lalu lalang juga banyak yang ber selfie ria, atau sekedar beristirahat di bundaran air mancur untuk melepas lelah, jadi ajang rekreasi juga.

7 komentar:

  1. Pernah satu kali kayanya make tpo kota ini tong.. Udah lama banget, sekarang udah bagus yaa tong, jadi kangen jaman kerja di isat tong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangen jaman di isat apa kangen sama gue..

      Hapus
  2. Kalau bersih & indah, orang2 mau lewat ya.
    Yg lewat juga harus jaga kebersihannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, kebersihannya juga harus dijaga bersama ya..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Kalau TPO nya bersih dan terawat tentunya membuat nyaman orang yang menyebrang ya, semoga kita semua bisa menjaga fasilitas umum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo semua fasilitas umum dijaga semua orang, pastinya nyaman dan terawat selamanya ya mba nur :)

      Hapus

buah tangan