Agustus 17, 2016

Tujuh Belasan

Sewaktu kecil dulu, acara tujuh belasan salah satu acara yang ditunggu2, terutama perlombaan nya, mulai dari makan kerupuk, kelereng, balap karung, tarik tambang, sampai panjat pinang, ga kenal kota atau desa, perlombaan nya nyaris sama, paling ada beberapa variasi lomba tergantung tempat dan tradisinya. 

Sewaktu kecil dulu di aceh, seingat saya kelas 4 SD, waktu itu pertamakali dan sekali sekali nya saya ikut upacara bendera sekecamatan, seingat saya dulu sih kayanya acaranya wah banget, besar, dan ruame buanget, semarak nya bikin ga bisa tidur semaleman, pagi2 buta udah berangkat menuju lapangan dengan seragam dan sepatu baru ( maklum ya anak kelas 4 sd hehe).

Sekarang, hari ini tanggal 17 agustus 2016, saya dengan 2 anak, pagi tadi juga " nonton" dan nimbrung di lapangan dekat rumah, iya ada upacara sekecamatan, ternyata rame banget, seneng bisa ajak abang Labib dan adik laudza, Labib yang udah ngerti excited banget nonton pawai drumband, rombongan kaka2 paskriba, rombongan warga dari beberapa rt dan rw dengan kostumnya masing2. Sayang ga sempet jepret fotonya karena hp nya di pegang sama suami yang lagi pulang ambil barang. Oh iya moment rame2 begini ga boleh disia2kan ya, saya dan suami dan 2 anak ngelapak, kalo tetangga2 pada jual es dan makanan, kami justru jualan AKSESORIS, jadi ga perlu modal lagi, tinggal mindahin stock barang yang ada di www.lapakpernik.com ke lapak pagi tadi. Menyenangkan.
Upacara 17an di lapangan dekat rumah
Sebenarnya, nilai terpenting dari setiap perayaan tujuh belasan tiap tahun nya adalah bukan sekedar perlombaan dan upacara nya saja, tapi bagaimana kita memaknai nilai perjuangan pahlawan kita dulu (serius banget ini) dan bagaimana kita menjalani dan mengisi kehidupan kita yang merdeka ini, dengan hal2 positif dan tidak melanggar norma2 bangsa dan negara. * prok prok orok
bener kan ya ?

Oya, dari dulu kecil sampai setua ini, saya sering kayak2 gemetar dan terharu gitu kalo liat upacara tujuh belasan, walaupun cuma nonton upacara di tv , apalagi di momen naiknya bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan dan keseluruhan rangkaian acaranya nya, bahkan sering kayak nangis gitu, ya gak sih ? Sering begitu juga kan ya? Itu berarti mungkin jiwa nasionalisme kita tinggi kawan, MERDEKA!!


3 komentar:

  1. Kemaren asik bener acara 17 , lomba di kampung .
    Internet Marketing Solo

    BalasHapus
  2. Memang yang namanya acara 17 dimana2 asik ya, terimakasih sudah mampir..

    BalasHapus
  3. Sama Mbak, saya jg suka trharu lihat penaikan bendera itu, saat detik2 proklamasi juga, berasa kayak kta ikut didalamnya juga *caileeehhyahh.

    MERDEKAaaa :D

    BalasHapus

buah tangan