Oktober 28, 2016

3 Tips Mencari Tas yang Tertinggal di Gerbong Kereta

Ini adalah kejadian 3 minggu yang lalu ketika kami mau main ke depok,  mimi baba abang dan adik biasanya kalo cuma ke depok doank sih naik motor, karena lumayan deket. Tapi kebetulan hari itu si Baba ngajakin naik kereta commuterline aja biar anak2 ga capek katanya. Awalnya sih normal2 aja ya karena kami memang sangat sering naik commuterline ke stasiun terjauh dan terakhir di stasiun jakartakota sana, mungkin karena terbiasa lama di dalam kereta, jadi kalo sebentar begini ( kami naik dari stasiun citayam dan turun di stasiun pondok cina - hanya melewati 2 stasiun, depok lama dan depok baru) yang awalnya normal, tiba2 dibikin kaget karena setelah turun dan sampai tujuan baru sadar tas yang kami bawa tertinggal di dalam gerbong kereta.

Memang tas yang tertinggal itu ga ada barang berharga di dalamnya, isinya cuma baju ganti anak2, makanan dan minuman anak2, dan 2 buah charger HP. Tapi menurut saya setidak berharga apapun isi di dalam tas itu, yang namanya barang yang kita punya kalo hilang atau tertinggal pasti nyesek kan rasanya. Awalnya si Baba kaya udah ngikhlasin gitu, tapi saya keukeuh suruh balik ke stasiun dan mencoba mencari. Akhirnya balik lagi ke stasiun pondok cina, dan Alhamdulillah ketemu. Kok bisa ??

Begini kronologisnya, sesampai di stasiun pondok cina, langsung ke bagian informasi, disana petugas menanyakan nomor kereta, nomor gerbong  dan duduk disebelah kanan atau kiri, waktu itu kami duduk di sebelah kiri dan di gerbong ke 3, karena ga ingat nomor kereta nya, petugas menanyakan jam atau waktu turun dari kereta, beruntung petugas saat itu cukup baik namanya mas Ridwan. Si mas ini berhasil melacak kereta yang saat itu sudah berada di pasar minggu, setelah menemukan lokasi kereta, pertanyaan berikutnya adalah merk dan warna atau ciri2 khusus dari tas yang tertinggal,  via telpon beberapa kali menghubungi petugas lainnya tapi belum ada kabar, sempat menunggu beberapa saat, sampai akhirnya di temukan oleh petugas di stasiun Cikini, sebelumnya mas Ridwan memperlihatkan foto tas yang ditemukan dari whatsapp di Hp nya untuk memastikan apakah benar tas yang dimaksud, karena sudah benar, maka tas tersebut diambil dan disimpan di ruangan Informasi stasiun Cikini, kemudian Baba langsung meluncur ke stasiun Cikini untuk mengambil tas kami, leganya,  Alhamdulillah ketemu.

Oh iya, dari bagian informasi pertama melaporkan tas yang tertinggal dan diambil ke stasiun cikini sampai balik lagi ke pondok cina, si Baba menghabiskan waktu 3,5 jam, lumayan lama ya, itu karena diharuskan mengisi form kehilangan terlebih dahulu, formnya sudah ada tinggal di isi aja, form itu yang nanti nya diserahkan ke bagian informasi di stasiun cikini untuk pengambilan tas yang tertinggal. Disana juga katanya Baba sempet di foto, mungkin untuk dokumentasi agar tidak ada orang lain yang mengaku atau mengambil barang atau tas yang sama, mungkin ya.

Kesimpulannya, berhati - hati jika bepergian ya, walaupun dekat tetap perhatikan barang bawaan anda jangan sampai tertinggal dan hati - hati melangkah, perhatikan jarak peron, hehehe. Berikut saya rangkum 3 tips untuk mencari tas yang tertinggal di gerbong kereta:

  • Jangan buru - buru menyerah atau mengikhlaskan,  bisa jadi kereta nya belum terlalu jauh dan tas yang kita cari masih bisa ditemukan. 
  • Tanya ke bagian informasi di stasiun, biasanya petugas informasi akan menanyakan nomor kereta yang kita naiki, nomor gerbong dan duduk di sebelah  mana.  Kalo nomor kereta agak sulit di ingat, minimal kita ingat nomor gerbong dan duduk di sebelah mana, kanan atau kiri. Hal ini akan memudahkan petugas untuk melacak lokasi kereta dan tentunya keberadaan tas yang kita cari.
  • Sabar dan Mau meluangkan waktu, mencari tas yang tertinggal di gerbong kereta memang aga susah ya karena kereta terus berjalan, bisa jadi pada saat tas kita ditemukan, posisi kereta sudah berada di stasiun terjauh, dan kita harus mau mengambilnya di lokasi atau stasiun ditemukannya. Tidak menutup kemungkinan juga kalo tas kita sudah berpindah tangan dan benar2 hilang, kalo sudah begini kita cuma bisa sabar dan pasrah saja ya.
Ada yang pernah mengalami seperti ini juga kah? atau kejadiannya di alat transportasi yang lain ? cerita yuk.. Semoga Bermanfaat.

9 komentar:

  1. Alhamdulillah kembali ya Mbak, emang masih rejeki.
    Bener, nyesek banget deh klo barang kita sampe hilang.
    Noted nih tipsnya.

    Btw, header baru ya? Cantik.. tinggal nunggu berubah jd TLD nih blognya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah masih rejeki iya mba, aamiin tapi kayanya masih perlu banyak belajar nih biar blog aku se kece blog kamu mba Di. hehee

      Hapus
  2. Tong.. jgn keulang yaa kjadiannya. Eh header baru, baru liat nih :)
    Miminya gitu.. kudu sampe nemu yaa hahaa.. alhamdulillah ktmu kaos dalem labib sama laud :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cil balik juga itu tas bajunya anak2 hihi, iya iseng itu headernya, semoga ga ke ulang lagi kejadian kaya begini, makasih ucilku

      Hapus
  3. Balasan
    1. Makasih sudah mampir kesini mba dewi..

      Hapus
  4. Pernah beberapa kali ketinggalan barang di transportasi umum, udah duluan putus asa gak pernah nyari lagi :(
    Tapi kalau kereta enak ya deteksi rutenya. Tinggal kejujurannya :D

    BalasHapus
  5. Hayuuuuu... Diy nya posting dong tong :)

    BalasHapus
  6. Syukurlah karena tasnya ketemu mba. Kadang saya pun demikian, jika masih memungkinakn untuk dicari, akan tetap dicari sampai dapat apalagi kalau barangnya penting. Kalau sudah tidak memungkinkan atau ongkos cari lebih tinggi dari nilai barang dan akan memakan waktu lama, maka coba ikhlaskan saja :)

    BalasHapus

buah tangan