Agustus 14, 2011

Kajian Ramadhan

ALhamdulillahirabbil Alamin, Teman,,,,, bagaimana puasa kalian? semoga semakin bertabur rahmat dan semangat ya teman, minggu pertama dan kedua sudah kita lewati dan aku ingin menceritakan kajian yang aku dapat selama seminggu pertama dikantor, salut buat kantorku yang punya sarana kerohanian luar biasa ini , sudah 3 x Ramadhan aku bekerja disini, semakin banyak manfaat yang bisa kudapat, seharusnya aku ceritakan dari awal ramadhan yah, tapi maaf teman 2 hari diawal ramadhan perutku diserang rasa yang melilit sakit, jadi libur dulu ke kantor, kelewatan deh mendengarkan kajian Ustdz. KOKO LIEM dan Ust . LILI NUR AULIA.

Alhamdulillah dihari ke-3 aku masuk kantor,  ceramah Zuhur yang dibawakan oleh seorang trainer sukses mulia, Bapak JAMIL AZZAINI berhasil membuat perutku yang masih agak melilit makin kejepit, hihihi Pak Jamil ini lucu. beliau menceritakan kisah hidup beliau yang penuh cobaan dengan berbagai candaan, yang aku ingat dari kajiannya adalah himbauan kita untuk tidak pelit bersedekah, karena sedekah itu memancing rejeki berlimpah, dan beliau menceritakan bagaimana ajaibnya sedekah itu, bahkan terkadang Allah tidak perlu waktu lama untuk membalasnya. SubhanAllah...dan ternyata sedekah itu dapat menyembuhkan penyakit lho, hayooo siapa yang lagi sakit sekarang? yuk bersedekah, insyAllah penyakitnya disembuhkan Allah. hehehe.


Hari ke 4 Ramadhan, Ceramah Oleh DR. Ahzami Samiun Jazuli, MA dengan materi yang dahsyat yaitu MURRAQABATULLAH, apa itu?

Murraqabatullah adalah merasa diawasi Allah dalam beribadah dan berkarya, seperti kita yang tetap bersemangat pada bulan Ramadhan, kenapa masih bersemangat disaat perut kosong? yups itulahMurraqabatullah, yaitu kita yakin akan pengawasan Allah dan kita yakin bahwa Allah melipatgandakan pahala dibulan ini.

Beberapa point penting yang aku catet adalah bagaimana caranya agar kita berjiwa MURRAQABATULLAH, mungkin banyak yah caranya, ini 4 diantaranya :
1. Perbanyak Dzikir
2. Selalu kaitkan segala hal dengan keberadaan Allah
teman, tidak ada yang kebetulan lho di dunia ini, segala sesuatu yang terjadi sekecil apapun adalah taqdir Allah.
3. Mentadaburi atau merenungi Ayat-ayat Allah, baik yang tertulis di Alquran maupun yang dapat kita lihat dari Alam.
4. Memperbaharui Keimanan

Akhirnya kalo kita sudah bisa menumbuhkan rasa MURRAQABATULLAH, kebaikan yang akan kirta dapatkan adalah : Ikhlas , Kesungguhan dalam berkarya /bekerja dan kontinuitas / berkesinambungan.

Kajian terakhir di Minggu #1 ramadhan ini adalah hari Jumat, dan ini khusus kajian wanita pembicaranya mba Asma Nadia,  ini kali ke -3 aku bisa bertemu mba Asma, menurut pendapat aku mba asma ini adalah penulis yang handal dan selalu berjiwa muda, kajiannya bertema mengoptimalisasi diri sebagai muslimah untuk berkarya bagi ummat. aku ga bawa catetan waktu itu jadi ini seingatnya aja yaaaah, intinya: sebagai Muslimah yang masih jomblo atau yang belum menikah, jangan banyak menghabiskan waktu kalian dengan main - main atau hal yang tidak mendatangkan manfaat, apalagi yang waktunya habis untuk urusan perasaan terutama cinta, seperti patah hati, putus nyambung atau bertepuk sebelah tangan, hehe yang begitu - begitu  ternyata malah membuat muslimah kehabisan waktu produktifnya, seharusnya mumpung belum menikah, muslimah jomblo ini memiliki banyak waktu untuk berkarya. kemudian untuk muslimah yang sudah menikah, ladang amal mereka sebenarnya sudah ada di keluarga dengan mengurus anak atau suami, tapi akan lebih baik jika waktu tidak dihabiskan hanya untuk kegiatan rumah tangga saja, mba Asma menyinggung sedikit tentang Almarhumah Ust. YOYOH YUSRO, beliau adalah seorang ustazah tangguh, seorang istri , memiliki 13 anak, duduk di DPR sebagai wakil rakyat, dan beliau juga masih setia mengisi dari satu kajian ke kajian lainnya, dan  beliau sangat menjaga tubuhnya dengan gaya hidup sehat. Wah betapa hebatnya manajemen waktu Ustazah. YOYOH YUSRO ya teman. subhanAllah..
Semoga Catatan sederhana ini bermanfaat...

12 komentar:

  1. tema di photonya keren ... :)

    BalasHapus
  2. subhanallah beruntungnya dirimu say
    gimana puasanya? semoga lancar selalu ya :) tilawah dah sampe juzz berapa :)

    BalasHapus
  3. wah ikutan kajian gini menyenangkan.. ^^

    BalasHapus
  4. @pri crimbun, iyaaa hihi
    @Linda, ALhamdulillah mba Lin, amiiin semoga puasa mba linda juga lancar ya, hmmm aq masih ketinggalan jauh yaaaah
    @me aishi , bener mba aishi...

    BalasHapus
  5. aduh, ngerasa kesindir nih kalo ngomongin soal jomblo, hehehe *gubraks

    BalasHapus
  6. Subhanallah, tema nya bikin kita kesentil, poin2 nya juga itu loohhh,, kereenn banget, semoga kita bias melaksanakannya yaa :)

    btw, asyiknya yang ketemu Mbak Asma Nadia :)

    BalasHapus
  7. @nurlailazahra , hehehehe masih jomblo yah mba Nur

    @diah, iya Di, bagus banget materinya makanya aq catet hihihi

    BalasHapus
  8. beruntung banget mbak,,..dapet siraman rohani yg penuh berisi.:)
    met puasa juga mbak,..lm ga nongol, semoga selalu sehat ya!!

    BalasHapus
  9. Subhanallah... nikmat banget puasanya mbak, dapet kajian teruss.. jadi kangen masa sekolah ada sanlat gitu...
    mbak.. kalo ketemu mbak Asma Nadia, titip salam ya dari Naya Harun ^__^ belo suka banget baca novel2 beliau (curdak)

    BalasHapus
  10. @kettyhusnia , Alhamdulillah, amiin sehat juga buat mba yah

    @Belo Elbetawi , aku juga dulu SMA ikutan sanlat lho, sip insyAllah kalo ketemu lagi aku sampaikan salamnya ya Nay.

    BalasHapus
  11. mengisi romadhon yang asyi ya mbak

    BalasHapus
  12. @Lidya, iya mba Lid, ALhadmulillah

    BalasHapus

buah tangan