November 17, 2010

Memotret Suasana Idul Adha di Istiqlal

Dulu pertama kali ke Jakarta, Aku sedikit aneh karena ternyata di Jakarta sama sekali ga ada perayaan special untuk hari rayanya jamah haji ini, beda banget dengan di Aceh, disana berasanya sama dengan Idul Fitri, tradisinya juga ga ada yang berbeda dengan idul Fitri, mulai dari Meugang (Masak Daging sehari sebelum Ramadhan dan hari raya) ,Kue Lebaran, Lontong / Ketupat sayur, Es Buah dan makanan lainnya, baju baru, silaturrahim ke rumah2 tetangga dan kerabat, dan saling bermaaf - maafan.

Tahun ini, sudah 6x Idul Adha aku rayakan di Jakarta, 5x nya aku hanya bersama kakak karena memang aku tinggal jauh dari orangtua. tapi yang ke 6 ini lebih special karena
aku sudah bersama honeyqu, walaupun cuma berdua kami tetep seneng, berhubung ga ngumpul bareng keluarga kami udah rencanakan untuk sholat Ied di Istiqlal. Bagiku Sholat Ied di Istiqlal untuk pertama kalinya ini sungguh mengagetkan karena jamaahnya Rame banget, ga tau deh ada berapa ribu orang yang menyerbu Istiqlal, sampe aq berpisah dengan honeyqu, dia di Lt.1 dan aku baru dapet tempat di Lt.4, jauh juga ya terpisahnya. Padahal waktu kami sampai disana masih jam 6 pagi lho, lumayan iseng juga nunggunya, tapi sambil dengerin takbiran dan sesekali ikutan takbir, perasaan jadi kebawa sedih, terenyuh, sedikit gemetar juga, dan terdorong untuk merenungi hidup kami selama ini, sekaligus memanjatkan doa semoga hidup kami lebih baik dan selalu bahagia sampai tua, setelah itu tiba - tiba aku terngiang wajah mami dan bapak, Wanda, kak Li, Fadil, Lola, kak In, Syathir, Kak Dek, Kak Yun dan Chiba. Huuuuu aku kangen banget sama mereka semua, jadilah menangis aku seorang diri. Hhhhh..

Eh tiba - tiba udah jam 7 teng aja dan diumumkan bahwa Presiden kita Bapak SBY dan Bu Ani sudah berada di ruang utama Masjid Istiqlal dan segera melaksanakan Sholat Tahyatul Masjid. setelah itu kembali di infokan bahwa Sholat Ied ini di hadiri oleh Bapak Presiden dan Para Menteri- menterinya beserta para kedubes dan pejabat dari beberapa negara. Kemudian Sholat Ied pun dimulai, Bertindak sebagai imam dalam shalat ini adalah H. Husni Ismail dan sebagai khatib adalah Prof Dr Halide, guru besar Universitas Hasanuddin Makassar, Dalam khutbahnya, Beliau menyampaikan betapa pentingnya solidaritas bangsa dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup atau bencana yang terjadi di Tanah Air tercinta ini, beliau juga menekankan akan pentingnya para pemimpin bangsa beserta semua pihak yang terkait bersama - sama dalam menyikapi kondisi ekonomi bangsa. (Berat nih.. :P)

Selesai do'a, kembali diumumkan bahwa Bapak Presiden beserta rombongan sudah meninggalkan ruangan utama Masjid, dan para jamaah juga kompak bergegas pulang, dan taukah yang terjadi? Ribuan manusia terjebak macet di tangga masjid, Honeyqu yang lebih dulu turun harus bersabar menunggu aku yang masih terjebakl di Lt. 4. kaya gini nih gambarannya..




Sebelum Turun aku sempatkan untuk memotret keramaian jamaah yang mulai meninggalkan Masjid.



Setelah berhasil melewati kerumunan di dalam masjid, ternyata diluar masjid juga gak kalah rame dengan para pedagang, hihi jadi kaya pasar kaget, tapi gapapa yah namanya juga orang cari rejeki. Dan lihat ada aku disana...!!




11 komentar:

  1. wah, aku juga ikut solat di istiqlal,duduk di depan blkang TNI ma temen2, sayang g bawa kamera, (emang g punya) hohohoho
    rame banget, sampek sandal dan beberapa barang temen ku ilang karena nomer penitipan ilang...
    (kok malah curhat)hehehehe

    BalasHapus
  2. pamanku juga ceritanya gitu.beda banget lebaran di Jawa ama di Aceh...

    waktu paman silaturrahim ke rumah2, orang2 pada tanya "ada apa ini??"
    hehhehe...jadi kikuk sendiri ya lebaran di tempat orang:D

    BalasHapus
  3. @kira, iya bener tuh sendal aku juga sempet ilang tapi ketemu, cuma pindah tempat aja, hehe terus gimana tuh pulangnya nyeker donk? ^^

    @nova, jadi kangen suasana lebaran haji di Aceh ni Nov, D:

    BalasHapus
  4. wah ramai sekali yang shalat disana ya :)
    gak kebayang antrian kalau wudhu'nya gimana.

    BalasHapus
  5. @Nova Miladyarti, ayo ayo pengen banget nov, tapi blm tau kapan, hehe semoga ntar kalo aku ke aceh bisa ketemu Nova yah..

    @Yunaidi Joepoet, iya rame banget, tapi kayanya kebanyakan yang sudah wudhu daro rumah masing - masing deh, seperti aku :)

    BalasHapus
  6. nadia...lagi lagi dapat award ya untuk blog ini:D

    dulu kan blog saya yg ultah, kalau ini saya yang ulang tahun,hehhhee....

    *semoga gak mual2,pusing, n muntah2 terima award mulu dari saya:P

    BalasHapus
  7. iyah nad pas pertama pindah ke Jakarta juga ngerasa gt, dulu pas tinggal di Bangka lebaran Idul Adha itu lebih rame dan lebih meriah daripada idul Fitri.

    btw itu subhanallah orang semua sebanyak itu, untung ga ilang lo nad hehehe

    BalasHapus
  8. @Nova MAkasih ya Nov, ga akan mual2,pusing, n muntah2 lah terima award mulu dari Nova, Seneng banget Nov, :D

    @dv, What? pernah tinggal di Bangka dirimu? yiyiyi baru Tau ih...

    Masa iya gw ilang dep, segede gini...tp kalo dv yg disitu ga tau deh... :P

    BalasHapus
  9. Wah, kapan ya bisa sholat ied di Istiqlal? :p

    Hi Nadia, maaf ya baru sempat membalas kunjungannya. LAgi sok sibuk dikit didunia nyata..hehehe..

    Thanks udah follow blogku ya? Aku dah follow balik tuh! :)

    BalasHapus
  10. tahun epan mba, ke Jakarta dan solat ied disana hehe, Tq ya mba Dewi bisa mampir kesini, ^^

    BalasHapus

buah tangan