November 04, 2010

Museum Taman Prasasti

Wawwww Beda banget...begitulah reaksi pertama aku begitu masuk ke museum yang dulunya adalah pemakaman umum bernama kerkhroof laan ini yang di dirikan di akhir pemerintahan VOC pada tahun 1795 . apa bedanya dengan museum yang lain?
jawabannya adalah Semuanya, semuanya berbeda disini, jadi kaya masuk ke pemakaman aja, tapi gak serem dan menakutkan lho, sama sekali gak, karena menurut penjaganya semua mayat yang dulu bersemayam disini sudah di pindahkan. Beberapa dipindahkan ke TPU Tanah Kusir dan Menteng Pulo. Tapi tidak sedikit yang diambil oleh keluarga dan dibawa pulang ke Belanda Sana.
Karena memang bekas kuburan ya, jadi sejauh mata memandang yang terlihat hanya batu - batu nisan bertuliskan tulisan - tulisan yang sama sekali aku gak ngerti, namanya juga bahasa belanda dan gak ada terjemahannya, sebagai salah satu bukti juga kali akan keasliannya.
Pohon - pohon rindang disini sangat ngebantu sehingga pengunjung ga kepanasan dan memayungi banyak batu - batu nisan unik yang berukiran antik sebagai koleksinya, terpampang kereta jenazah kuno tapi masih terlihat elegan.






Aku jadi berfikir ternyata orang - orang dulu itu hebat banget yah, di zaman yang masih jauh dari peradaban tapi sudah menciptakan hasil karya yang luar biasa, dan buat aku museum taman prasasti ini adalah sebuah museum yang menampilkan karya seni membanggakan.







Bagaimana teman, ingin berkunjung bukan? silahkan mampir yah ke Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat.

13 komentar:

  1. ooo jadi ini tempatnya..gw pernah liat ada yg foto pake latar pemandangan ini, keren tp gw ga tau nama tempatnya.
    tq nad, jd tau saia ternyata lokasi nya deket kantor yag :D

    BalasHapus
  2. ntar pas liburan ke indo..mo coba jalan2 kesana deh..thanks yah Nad untuk sharingnya

    BalasHapus
  3. tapi tetep sereemm looohh

    BalasHapus
  4. waaah pgn ke sana tapi blom jadi2, pdhl sering ngelewatin..:)

    BalasHapus
  5. masa sih gak mengerikan, aq liat foto2nya aja dah gimana gitu :D
    kayaknya gak deh berkunjung kesini :D

    BalasHapus
  6. @dv, yuhu deket banget dep.. :>

    @mba Bintang, oke mba, jangan lupa oleh2 dari uae yah kalo liburan ke indo, hehe..

    @NDA, iya yah hohoho

    @ardi, kalo sempet mampir yah, kan udah sering lewat.. :D

    @mba Linda, kesananya pagi mba, kaya aku, jadi ga mengerikan, hihi

    BalasHapus
  7. lagi lagi dan lagi..
    pingin jalan2 kesini
    entah kenapa setipa postingan tempat yg diposy=ting di blog ini bikin saya pingin banget pergi ketempat itu.
    *mupeng mode on :(

    BalasHapus
  8. jadi amus yah skrg :D
    ajak2 dong :))

    BalasHapus
  9. @nova, Makasih ya Nov :D, semoga kapan2 bisa main ke Jakarta dan bisa berkunjung ke Museum2nya yah..BTW ntar juga kalo aku plg ke Aceh, pengen berwisata sejarah disana.

    @uci, iya ni cil anak museum..beneran mau ikut kalo diajak? jadwal gw berikutnya ke museum satria mandala yang di Gatsu, mau?

    BalasHapus
  10. iya, aceh juga py sejarah yg bagus kan...
    btw aceh dimananya ya??

    BalasHapus
  11. jalan2 sambil mencari inspirasi yah mbak? besok jalan2 kemana lagi yah?? hehehe

    BalasHapus
  12. @nova, buat aku sejarah Aceh luar biasa, aku di Aceh Utara Nov, Lhokseumawe.

    @nurlailazahra, hihi iya cari inspirasi dan ilmu dari kisah lampau yang masih tersisa di museum2, jadwal aku berikutnya ke Museum Arsip dan Museum Satria Mandala mba, dan pengen ke Museum Geologi Bandung yang fotonya ada di postingan mba juga :D

    BalasHapus
  13. ooo...nova di banda aceh :)
    oia, ada award buat mutia, kalau berkenan diambil yah di blog nova^^

    BalasHapus

buah tangan