September 07, 2011

"Tamparan" dari si abang - abang, Popy dan neneknya,

Bismillah,
Harusnya ini cerita di posting waktu ramadhan kemarin, tapi karena aku "sok sibuk" jadi gak sempet nulis dan lupa  deh, sampe akhirnya aku ngeliat Popy dan neneknya  tadi malam, di pinggiran Plaza Semanggi, neneknya duduk lesehan, sementara popy berdiri sambil megangin tongkat si nenek. kaget banget! mereka itu ngemis yah? pertanyaan besar dikepalaku. 
***
Kapan tepatnya aku lupa yang pasti pada saat aku pulang malam selepas menghadiri jamuan berbuka di hotel kempinski, malam itu aku benar-benar mendapatkan kesenangan duniawi, sebelum pulang sempet dapat "rejeki nomplok" tak terduga, ya Allah nikmatMu di Ramadhan ini memang diluar bayangan dan melebihi harapanku. Alhamdulillaaahirabbail'alamin

Jam 8 - an, aku jalan dari kempinski menuju jembatan penyebrangan Halte Busway TOSARI, malam itu hati rasanya bahagia banget mungkin karena abis dapet "rejeki nomplok"  kali yah ,  di jembatan banyak abang - abang yang ngegelar dagangannya, aku beli gesper yang harganya 10ribu,  disebelahnya ada 2 orang abang - abang yang ngeliatin aku terus dari tadi, pas ngelewatin, "Kak Orang Aceh ya?"  hmmm kalo yang nanya gini pasti dia orang aceh juga  nih,  ya ya ya  lagi - lagi ketemu orang aceh dijalan,  banyak yang bilang mukaku aceh banget. (padahal sih yang bener item banget, hehe), akhirnya kami kenalan, aku jadi beli Film bajakannya mereka deh, sambil milih - milih si abang - abang banyak cerita, mereka baru 2 tahun merantau ke Jakarta, awalnya cuma gelandangan, ga punya tempat tinggal, mulai dagang emperan,  mereka dagang tiap hari beda tempat, kadang satu hari jualan di bekasi terus p.minggu, besoknya di depok besoknya bisa ke bogor, dan besoknya lagi kemana lagi . Untungnya 6 bulan lalu mereka ketemu ustad herbal yang katanya sering di TV itu, aku ga tau nama ustadnya, tapi ustad itu baik lho karena mau ngerekrut siabang - abang ini untuk jadi herbalist, intinya mereka sekarang adalah seorang herbalist, udah punya pasien tetap, tapi kalo malam tetep jualan emperan buat tambahan , saluuuuut banget deh. ALLAH  betapa beruntungnya aku, Ke Jakarta langsung dikontrakin rumah, dikuliahin, lulus langsung kerja, nikah, ALhamdulillaaaah ya ALLAH...

Sehabis ngobrol sama siabang itu, kayanya waktu makin malam, sekitar jam 10 aku sampe di sebrang Jalan, naik Metromini 640. di Sudirman ada anak kecil yang naik dengan neneknya. sianak duduk disebelahku dan nenek duduk di bangku didepan kami. mungkin karena dia masih anak - anak, jadi aku seneng  ngajak ngobrol. namanya popy, suaranya lembut, wajahnya maniiiiis banget, sayang pakaiannya ga semanis wajahnya.  aku banyak nanya sama popy, soalnya si popy tuh  anaknya ramah, dari obrolan itu katanya orangtuanya miskin ( kata si popy lho) ga bisa kasi makan, tinggalnya di bogor, makanya popy tinggal sama nenek dan  kakaknya yang putus sekolah dan gak kerja, haduuuuh aku ngeliat si nenek jadi sedih, kalo begini artinya bukan diasuh nenek tapi  popy yang jagain nenek, popy ini masih kecil banget padahal. lagi  asik ngobrol ternyata dia turun pas di depan Plaza Semanggi,  sebelum turun dia juga bilang makasih berulang-ulang,  "makasih ya mbaaaaak, mba makasih banyak ya mbaaaak" aku masih inget cara dia bilang itu, dan juga senyuman neneknya.

ya Allah aku berasa ditampar malam itu, habis ketawa dan makan enak di hotel, eh di jalan pulang malah ketemu sama orang - orang yang hidupnya ga seberuntung kita. di dalam metro mini aku ga tahan lagi untuk ga nangis, Alhamdulillah aku masih diingatkan dengan cara yang indah ini, dan akhirnya aku bisa bijak mengalokasikan "rejeki nomplok" nya.

hmmmm dan akhirnya tadi malam jam 8 (Aku lembur makanya pulang malam)  aku liat popy ngemis dijalanan, reflek aku teriak manggil dia dari metromini, ya ALLAH popy, semoga kamu dewasa dengan cara yang benar ya popy, dan semoga aku bisa ketemu kamu lagi.
***
Maaf ya teman, ini gak bermaksud menyombongkan diri, kebetulan aja nih, 2 hari setelah ketemu popy, aku ikutan lomba tilawah dikantor, tahun lalu juga ikutan, Alhamdulillah tahun lalu aku dapat juara harapan ke -3 (Terakhir), pesertanya sih ga nyampe 20 orang, tapi kaget banget bisa urutan 6 waktu itu, nah tahun ini pemenangnya hanya juara 1, 2 dan 3, gak ada juara harapan lagi, dan artinya aku juga ga berharap menang lagi, tujuan daftar kemarin cuma buat ngebiasain tampil di depan umum dan ngurangin demam panggungku, tapi SUBHANALLAH aku malah dapat Juara 3, dengan hadiah uang tunai seharga kontrakan bulanan rumahku, Alhamdulillah, selamat buat Pak Arafat (Juara 1), dan Pak Maryono (Juara 2). Alhamdulillah ya ALLAH, ya Rahman, ya Rahiiiim, ya Wahhab.

18 komentar:

  1. Selamat ya Nad.. Kapan traktirnya?? huhu

    BalasHapus
  2. selamat ya buat kemenangan & hadiah juga 'tamparan"nya ... :)

    maaf lahir batin ...

    BalasHapus
  3. tukan keren nih ceritanya :)
    subhanallah, yg juara 1 & 2 laki2 yah tong, eh ada yg item dari aceh :)) yg manis baek hati sm popy

    BalasHapus
  4. Wah senangnya...selamat ya Mbak Nadia...

    semoga selalu ingat untuk berbagi ^_^

    minal aidin wal faidzin :)

    BalasHapus
  5. umurnya berapa mbak Popynya? selamat ya mbak buat kemenangannya :)

    BalasHapus
  6. Tuhan memang selalu punya cara-cara tersendiri buat ngingetin kita ya ka :)

    BalasHapus
  7. wow.. selamat mbak Nad.. di satu sisi saya ikutan senang, tapi disisi lain rasane ngelus dada waktu baca kisahnya Popy...

    BalasHapus
  8. Selamat ya mbak, juara 3 juga bagus bukan :)

    BalasHapus
  9. Selamat ya mbak :P
    Selalu bersyukur dengan apa yg kita punya, ternyata diluar masih byk org yg hidup kekurangan.

    BalasHapus
  10. Allah emang selalu memberi kita peringatan dgn jalan yg tak terduga2 yaaa...

    Subhanallah, selamat ya dapat juara III Nad, moga tahun depan juara I ;)

    BalasHapus
  11. selamat mba udah menang :)
    beruntungnya naik angkutan umum adalah bisa nemuin banyak orang dengan banyak ceritanya, salah satunya Popy, semoga Popy tumbuh jadi anak baik ya mba :)

    BalasHapus
  12. Selamat mbak atas kemenangannya, dan alhamdulillah ya Allah masih kasih kesempatan untuk bisa peka terhadap lingkungan sekitar, semoga kebaikan kan trus membersamai kita :)

    BalasHapus
  13. wawww... slamat ya, mba... barakallah.. ^^

    BalasHapus
  14. selamat ya Kak atas juara 3 tilawatilnya...semoga kaka menjadi orang yg selalu berusaha dan menjadi jawara, good luck! ^_^

    dan semoga Popy bisa sekolah, mendapatkan pekerjaan yg layak dan hidup bahagia...^_^

    BalasHapus
  15. Wuiiiih hebat!!!!

    congratulation.....

    BalasHapus

buah tangan